PEMBAGIAN I’ROB
Oleh : Jannatul
Firdausi Nuzula
Definisi I’rab yakni perubahan akhir beberapa kata karena
adanya ‘amil yang masuk, baik secara terbaca (lafdhan), dikira-kirakan
(taqdiran) maupun mahalli.
I’rob terbagi menjadi 3 macam, yakni:
1. I’rob
Lafdzi
I’rob Lafdzi adalah perubahan akhir kalimah
yang tidak membuat sulit untuk membacanya dan mudah melafadzkannya serta mudah
untuk dimengerti. Nama lain dari I’rob lafdzi adalah I’rob zhahir,
karena terlihat jelas dalam penekanan membacanya.
I’rob lafdzi diberlakukan hanya untuk yang mu’rab
bukan yang mu’tal.
Contoh
|
Keterangan
|
يَكْتُبُ ، خَلِيْلٌ
|
Fi’il dan isim ber sempurna (shahih
akhir)
|
دَلْوٌ ، ظَبْيٌ
|
Isim yang hampir sempurna (syibh shahih)
yaitu yang berhuruf akhir wawu atau ya’ ynag sebelumnya adalah
sukun.
|
2. I’rob
muqoddar (taqdiri)
I’roab mudaddar adalah perubahan
akhir kalimah yang karena adanya penghalang, maka sulit untuk membacanya
dan sulit untuk melafadzkannya, karena alasan ta’adzur, tsiqal, munasabah
dan man’iyyah. Harokat yang digunakan cukup dikira-kirakan (taqdiran) karena sulit dilafadzkan.
Taadzur artinya tidak mungkin
menzhahirkan tanda I’rab
Tsiqol
artinya masih memungkinakan mendhahirkan dhommah atau kasroh di atas wawu atau ya’,
misalnya يَقْضِيْ
القَاضِيْ dhommah di atas ya’ tidak ada karena
disembunyikan, namun masih memungkinkan untuk dizhahirkan menjadi يقضيُ القَاضِيُ
Munasabah
artinya penyesuaian kepada yang bersambung pada huruf ujung.
Man’iyyah artinya larangan
menzhahirkan harakat sebenarnya dalam I’rab.
I’rab muqoddar diberlakukan
untuk kalimah mu’rabat yang:
·
Mu’tal akhir dengan alif, ya’, wawu
·
Mudhaf kepada ya’ mutakallim
·
Berbentuk hikayat
·
Diperuntukkan sebagai nama diri (musamma
bihi)
Contoh
|
Jenis
|
Keterangan
|
يَرْضَي ، فَتَي
|
Muqoddar lit taadzur
|
Mu’tal akhir, sebelum huruf akhir difathah
|
يَدْعُو ، يَسْمُو
|
Muqoddar lits tsiqol
|
Mu’tal akhir, sebelum huruf akhir
didhommah
|
غُلاَمِي
|
Muqoddar lil munasabah
|
Bersambung dengan ya’ mutakallim
|
كَتَبْتُ : يَعْلَمُ
|
Muqoddar man’iyyah
|
Aku menulis kalimah: يَعْلَمُ
Kalimah hikayat: manshub
|
أَكْرَمْتُ مَنْ
|
Mudoddar man’iyyah
|
Aku memuliakan Man
Man (sebagai isim mabni)
yang dimaksud adalah orang yang bernama Man
|
Jadwal I’rab muqoddar isim
Isim
|
Contoh/I’rab
|
Keterangan
|
||
Rafa’
|
Nashob
|
Jer
|
||
Maqshur ma’rifat
|
جَاءَ الْفَتَى
ضمة على الألف
|
رَأَيْتُ الْفَتَى
فتحة على الألف
|
مَرَرْتُ بِالْفَتَى
كسرة على الألف
|
Ta’adzur
|
Maqshur nakiroh
|
جَاءَ فَتًى
ضمتان على الألف
|
رَأَيْتُ فَتًى
فتحتان على الألف
|
مَرَرْتُ بِفَتًى
كسرتان على الألف
|
Ta’adzur
|
Manqush ma’rifat
|
جَاءَ الْقَاضِى
ضمة على الياء
|
I’rab zhahir
|
مَرَرْتُ بِالقَاضِى
كسرة على الياء
|
Tsiqol
|
Manqush nakiroh
|
جَاءَ قَاضٍ
ضمتان على الياء المحذوف
|
I’rab zhahir
|
مررتُ بِقَاضٍ
كسرتان على الياء المحذوف
|
Tsiqol
|
Mudhaf ya’ mutakallim
|
جَاءَ غُلاَمِى
ضمة على الميم
|
رَأيتُ غُلاَمِى
فتحة على الميم
|
I’rab zhahir
|
Munasabah
|
Musamma bihi
|
جَاءَ مَنْ
ضمة على النون
|
رأيتُ مَنْ
فتحة على النون
|
مررتُ بِمَنْ
كسرة على النون
|
Man’iyyah
|
Jadwal I’rab muqaddar fi’il
Fi’il
|
Contoh/I’rab
|
Keterangan
|
||
Rafa’
|
Nashob
|
Jazm
|
||
Huruf akhir: alif
|
يَخْشَي
ضمة على الألف
|
لَنْ يَخْشَي
فتحة على الألف
|
ـ
|
Ta’adzur
|
Huruf akhir: ya’
|
تَطْوِي
ضمة على الياء
|
ـ
|
ـ
|
Tsiqol
|
Huruf akhir: wawu
|
يَدْعُو
ضمة على الواو
|
ـ
|
ـ
|
Tsiqol
|
Setelah huruf akhir: disukun
|
ـ
|
ـ
|
لاَ تَضْرِبِ الرّجُلَ
سكون على الباء
|
Man’iyyah
|
Setelah huruf akhir: nun taukid
|
هَلْ يَضْرِبَانِّ
نون قبل النون
|
ـ
|
ـ
|
Tsiqol
|
Setelah huruf akhir: nun wiqoyah
|
هَلْ تُكْرِمُوْنِيْ
ياء قبل النون
|
ـ
|
ـ
|
Tsiqol
|
Hikayat
|
ـ
|
يَعْلَمُ :
كَتَبْتُ
فتحة على الميم
|
ـ
|
Man’iyyah
|
3. I’rab
Mahalli
Secara umum I’rab hanya melebar
kepada dua objek saja, yakni I’rab untuk mabni dan I’rab untuk jumlah. Dua
objek tersebut jika ditinjau dari definisi I’rab tentu tidak memiliki syarat
untuk dii’rab. Oleh karena itu perlu adanya jalan yang disebut dengan kata mahal
(posisional:
(المحل
Bila objeknya mabniyyah maupun
jumlah disebut I’rab Mahalli (الإعراب المحلي) ada juga yang menyebutnya mahal I’rab.
I’rab mahalli merupakan
perubahan kalimah dalam bentuk semu (I’tibari), karena ada amil yang
masuk padanya. I’rab mahalli digunakan untuk mabniyyat dengan melihat pada
kalimah secara utuh. Jadi berbeda dengan I’rab zhahir dan I’rab muqoddar yang
kajiannya adalah perubahan akhir kalimah melalui tanda yang nyata.
Pada mabniyyat, penanda I’rab
pada akhir kalimah tidak bisa dimunculkan karena konstruksinya memang permanen.
Namanya juga mabni yakni tidak dapat diubah-ubah lagi. Maka apabila ada mabniyyat
yang marfu’, mansub, marur, ataupun majzum, I’rabnya cukup I’tibari (seolah-olah
dii’rab/semu). I’rab dengan cara ini disebut I’rab Mahalli.
Contoh
|
Arti
|
Keterangan
|
صَدَقَ هذَا
|
Ini benar.
|
ذَاdan هَؤُلاَءِadalah mahal rofa’
|
جَاءَ هؤُلَاءِالتَّلَامِيْذُ
|
Murid-murid ini datang.
|
|
صَدِّقْ هذَا
|
Benarkah ini?
|
ذَاdan مَنْadalah mahal nashob
|
أَكْرَمْتُ مَنْ تَعَلَّمَ
|
Aku menghormati orang yang mengaji.
|
|
رَسَمْتُ بِهذَا
|
Aku menggambar dengan ini.
|
ذَاdan الّذِيْنَadalah mahal jer
|
أَحْسَنْتُ إِلَى الّذِيْنَ اجْتَهَدُوْا
|
Aku berbuat baik kepada orang-orang yang
berijtihad.
|
|
لَمْ يَنْجَحْنَ الْكَسْلاَنُ
|
Pemalas tidak akan sukses.
|
لَمْ adalah mahal jazm
|
Huruf (kata tugas), fi’il amar,
fi’il madhi
yang tidak didahului adat syarat yang menjazemkan, asma’ af’al, asma’ ashwat
adalah mabniyyat yang tidak mengalami perubahan tanda I’rab baik zhahir maupun
muqoddar dan tidak mempunyai status dalam I’rab mahalli, maka
disebut dengan:
لا محل لها من الإعراب (mabniyyat yang tidak memiliki tempat dalam I’rab).
Alhamdulillah Ini firda alumni seblak kah?
BalasHapusAlumni akademi Konoha
BalasHapusApa i'rob dari.
BalasHapusللطالب قلم واحد
وللمدرس أقلام كثيرة
منها قلم الكتابة ومنها قلم الرسم
وهذه أقلام المدرس
في الفصل مدرس واحد
وفي المدرسة مدرسون كثيرون
وهولاء المدرسون حاضرون
وفيها تلاميذ مجتهدون وتلميذات مجتهدات